Monday, March 01, 2010

Sholat yang Duduk Tahyatnya Lebih Banyak dari Rakaatnya

Mungkinkah ada sholat wajib yang duduk tahyatul awal dan tahyatul akhirnya berjumlah lebih banyak dari rakaat sholat wajib itu sendiri.

Seingatku tidak ada. Bahkan kuhitung satu per satu mulai sholat wajib Shubuh. Satu rakaat 1 duduk tahyat, lalu Dhuhur 4 rakaat 2 tahyat, Ashar 4 rakaat 2 tahyat, Maghrib 3 rakaat 2 tahyat dan Isya 4 rakaat 2 tahyat.

Tidak ada khan, emang ada sholat wajib lain yang belum kusebutkan. Sepertinya Alloh memerintahkan Rasululloh hanya 5 waktu saja. Aku semakin bingung dengan pertanyaan di Majalah Assunnah itu. Aku pun melanjutkan membaca pertanyaan seorang santri kepada Ustadz itu. Aku ingin tahu jawabannya.

Jawaban Ustadz itu adalah ada yaìtu Sholat Maghrib. Ternyata memang ada tho sholat wajib yang duduk tahyatnya lebih banyak dari rokaatnya. Tapi kata Ustadz dengan catatan yang melaksanakan sholat maghrib adalah seorang makmum masbuq. Alias komplotan jamaah pencinta sholat terlambat. Seperti aku ini. Dan aku telah membuktikannya.

Kita lihat, tatkala makmum masbuq datang waktu imam sedang duduk tahyatul awal, maka makmum ikut duduk. Dan di rakaat ketiga ia akan duduk tahyatul akhir bareng imam. Ketika imam salam ia akan bangun untuk menambah jumlah rakaat yang kurang.

Jika keadaan demikian, maka ia terhitung terlambat dua rakaat. Dan ia harus menambah rakaat kedua dengan duduk tahyat lagi, lalu bangun untuk rakaat ketiga dan barulah ia duduk tahyat akhir sebelum salam.

Empat duduk tahyat dalam 3 rakaat khan?

14 comments:

  1. Merebut; (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya pernah juga mendptkn pertanyaan serupa; Sholat apa yang rekaat pertama dan ketiganya tasyahud awal, rekaat terakhir tasyahud akhir?

    ReplyDelete
  2. Jan jeli tenan...
    Kok sempat2nya nganalisis sampai segitu ya?

    ReplyDelete
  3. kadang hal2 yang sepele dan terlewatkan oleh kita menjadi perhatian yang serius bagi orang lain :lol:
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  4. @alamendah: jawabannya maghrib juga kang?
    @udienroy: dipersilakan.
    @marsudiyanto: mungkin yang bertanya adalah peneliti pak, hehe.
    @sugeng: iya pak,,
    Salam

    ReplyDelete
  5. hihihi... iyah juga yah... pengalaman pribadi ternyatah yah hehehe :lol:

    ReplyDelete
  6. tengkyu untuk dukungan 1500% lebihnyaaa :D
    kudukung dikow juga, mas... aku mw jalan2 dulu ah, nyari puisina :D

    ReplyDelete
  7. owiyah, di pulogadung ya ternyata... adekku juga di pulogadung loh, tapi aku lupa nama pabriknya... istrinya yang punya blog www.frommylittlekitchen.wordpress.com :)

    ReplyDelete
  8. @funty: hehehe, aku belum buat puisinya mi..

    ReplyDelete
  9. siang kang dasir....
    maaf dah jarang bw ne...

    ReplyDelete
  10. @yangputri: sama saya juga jarang bw yangputri.

    ReplyDelete
  11. Salam Gowes
    Artikel sederhana tetapi membuahkan pengetahuan kang, terima kasih ah jadi tau
    BtW paket kiriman sudah diterima belum ya!
    Salam Gowes Humberqu

    ReplyDelete
  12. @humberqu: belum kang zìpoer, karena baru balik dari pekalongan. Salam

    ReplyDelete

Sahabat katakan sesuatu untuk dasir..perkataanmu kan memotivasiku untuk terus berkarya...

Related Post

Related Posts with Thumbnails