Sunday, July 26, 2009

Jangan Marah, dan Bagimu Surga!

”Diriwayatkan dari Abu urairah r.a bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW :”Berilah aku nasihat.” Maka Baginda menjawab:” Jangan Marah!” Maka orang itu mengulangi permintaannya beberapa kali dan lagi-lagi Nabi menjawab :”Jangan Marah!”
(HR.Bukhori dalam Kitab Al-Adab)
Makna dari hadits di atas adalah kita diminta menjauhi sifat buruk marah dan juga menjauhi hal-hal yang menyebabkan timbulnya kemarahan. Mengapa? Sebab kemarahan dalah kelemahan dan himpunan dari kejahatan. Sedang kesabaran adalah kekuatan, kunci kemenangan dan keridloan.

Dalam riwayat Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah ra ia bertutur bahwa Rasulullah SAW bersabda:”Orang yang kuat bukanlah orang yang jago dalam gulat, namunorang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah.”
Marah adalah akhlak yang tercela. Kemarahan bisa menimbulkan dampak negatif bagi dirinya dan masyarakat. Coba kita bayanakan jika seorang Pemimpin suatu Negara Marah. Lucu kali ya? *Eittt ini lagi bahas hal yang serius, Jangan ngawur gitu ah!*
Menurut Ulama dan juga menurut orang yang pernah marah dan melihat orang marah ada beberapa tips mengendalikan diri supaya marah tidak menggelegar atau bahkan tidak jadi marah.
1. Jika akan marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah.
2. Jika masih ingin marah, maka berbaringlah.
3. Jika masih ingin marah juga, maka berwudlulah.
4. Dan jika masih ingin marah juga, maka nyebur aja ke laut sambil tertawa lepas selepas-lepasnya...hahahahahahahahahahahahahahahahaha....stop!
(Sumber Kitab Syarah Hadits Arba’in An-Nawawiyah)

{SSsssssstttttt…..kalau tips yang keempat ini dari wong ntunjung alias dasir jadi jangan didengerin!!}

4 comments:

  1. Mas arkasala terimakasih atas kunjungannya,tp maaf ada sdkt mslh td shngga koment antm trhapus..mhn dmaklumi..krn ngenet pakai hp dan signal yang lemot shngga br bs bls..

    ReplyDelete
  2. Mau Ramadhan ... Jangan banyak marah yah :)

    ReplyDelete
  3. Iya kang..belajar mengendalikan diri semenjak sekarang hehehe..

    ReplyDelete
  4. pengendalian diri memang sangat mujaab untuk menghadapi dan menjalani segala sesuatu dengan damai...

    tapi, kok sruh nyebur ke laut yak. gak nyemplung minyak panas aja kekekeekekkkk

    ReplyDelete

Sahabat katakan sesuatu untuk dasir..perkataanmu kan memotivasiku untuk terus berkarya...

Related Post

Related Posts with Thumbnails