Monday, August 24, 2009

Kembali ke Jakarta 4

Tiga hari setelah resepsi..*Ngapain?* Ehhhmmmmm....Ya balik Kloso...

Balik Kloso adalah kunjungan balik dari pihak mempelai wanita ke rumahnya mempelai pria. *Jadi kalau ada blogger yang mampir ke blogmu, nanti kamu juga ngadain acara balik kloso ya,,?* Ya gitu deh. *terus bawaanya apa saja?* Sabar wong tunjung.

Kalau dalam lamaran itu yang di bawa adalah bahan mentah macam kambing hidup, kelapa belum di parut, ayam mau bertelor, duit, kayu, bumbu-bumbu, nangka mentah, buah-buahan dan lain-lain. Pokoknya yang mentah-mentah deh. Eh tapi parsel juga ada. Isinya buah pir, baju (luaran dalaman), sandal, mukena dan ada yang lupa. Lha itu di lamaran nikah beda ama lamaran pekerjaan kan.

Sedangkan kalau dalam balik kloso yang di bawa adalah yang mateng-mateng. Contohnya adalah nangka mateng yang sudah dibumbuin atau di tempat kami disebut “MEGONO”. Lalu buah jeruk dan pisang, telur asin mateng, sayur lodeh mateng, nasi mateng *yang namanya nasi itu sudah mateng mas, kalo mentah namanya beras.* Betul wong tunjung, wah tadi belum disebutkan tuh di lamaran ya. Ya sudah lanjutkan, ada lagi ikan panggang goreng, ayam goring, tempe goreng, *asal jangan ama penggorengannya aja ya..hihihi* terus bihun tumis, jenang ketan, bongko, poci, gereh, agar-agar, dan beberapa yang lainnya lagi yang tidak bisa ku sebutkan satu persatu tapi tidak mengurangi rasa hormat saya.*seperti di sambutan saja…sambutan lagi-sambutan lagi…*

Balik Kloso di laksanakan 3 hari setelah resepsi. Kamiberangkat ke Waru Lor, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia pada pukul 9 pagi tet. Lebih sih lima menit..hehehe. Lima mobil sewaan, satu dapsun atawa mobil bak terbuka, satu mobil saudara sepupuku dan satu motor. Yang naik motor Pak Lurah Lho. Ga tahu kenapa beliau tidak bareng rombongan naik mobil. Biar semilir angin kali. Atau takut mabok. Ah ga mungkin. Tak usah di bahas. Kita lanjutkan, lebih cepat lebih baik. Lima mobil membawa rombongan pengirng pengantin. Satu mobil pribadi membawa pengantin dan orang tuaku. Serta mobil dapsun membawa bekal..

Nah kalau acara balik kloso di sana dasir ga tahu. Karena dasir dan wong tunjung jaga rumah takut di gotong semut. Heehehee..Tapi keinginan jaga rumah urung di laksanakan. Aku nyusul juga ke sana, tapi telat sampai sana. Pas dasir sampai eh rombongan mau pada pulang. Takut kali sama dasir. Nanti diceramahin ini itu kali ya. *Padahal yang bener memang acaranya sudah kelar. Loe nya aja yang telat..* Aku telat karena ambil uang dulu di ATM di kota. Lumayan jauh dan sebelumnya BAB dulu. Mencret makan sambal. *Hiiii…ddasir jorok ah..!* Bukannya di doain malah diejek..Huuuh.

Terus ngapain lagi…apa ya..wong tunjung ingat nggak lanjutanya?*eeeehhhh….HHAa! kamu diskusi dulu ama mertuanya kak Ida.* Beetul..betul..betul…Waktu itu aku tak langsung pulang, aku ngobrol ini itu dengan Pak Anwar mertua kakakku. Macam menginterogasi aku bertanya usahanya apa?, kerjanya di mana?, berapa saudara mas hasim?, berapa cucunya?, tapi aku ndak nanya ada gadis cantik yang bisa di kenali tidak..hehehehe. Lain lah dirimu tidak sama dengan yang sinting-sinting..Huzzzz jangan menyindir orang..Maaf ya sobat yang merasa tersindir. Bukan maksudnya diriku melukaimu tapi hanya sekedar bercanda..Alhamdulillah kalau ndak marah. Terima kasih.


“Teteteng…teteteng…teteteng…..teteteng…!!!!!!!”
Hape K530i-ku bergetar dan berbunyi. *Jieeh udah ganti ya?* Udah lama kali, *kan dulu J200.* Iya memang, alhamdulilah ada rejeki beli yang lumayan bagus biar bisa ngenet..heheehe.

Ternyata panggilan dari kak Fani. Trereeng…”Oh My good, astaghfirullah kuncinya…” sebutku dalam hati. Langsung kuangkat, “Eh iyo, mbak kuncinee…aku lali ra tak nehke mau..maaf…Sek..sek…sek..aku langsung mulih.”

Obrolanku dengan Pak Anwar dan keluarga baru kak Ida langsung ku putuskan dan kuberhetikan tanpa pandang buku tamu dan buku rapat.*Gak nyambung cing!*

“Pak, kulo pamit riyen gih, nuwun sewu, kulo mbeto kunci griyo dados menawi kulo mboten wangsul tiyang ten mriko mboten saged mlebet,,,” pamitku.
“Gih..gih..mboten nopo-nopo..matur nuwun!” jawabnya keheranan.
“Matur nuwun pak, sepindah malih ngapuntene gih pak.”
“Giiiiiih mboten nopo-nopo…”
“Monggo Pak..Assalamu’alaikum…”
“Giih..gih..Wa’alaikum salam…”

Kugeber Revo merah itu melalui jalanan Wiradesa menuju ke rumah. Aku tek lewat jalur biasanya. Aku lewat jalan beraspal di tengah sawah Bondan sari. Greeng..greeng…greeeeeeeeeeeeeeeeeeeng…..
Yah, aku rada lupa lagi gangnya, belok kanan apa kiri. Sudah ah kiri saja. Lho kok tembusnya rel kereta api yang tanpa terowongan. Mana kerikilnya pada habis lagi. Karena kalau balik lagi ke pertigaan agak jauh maka ku lewati saja rel itu. Rel kereta yang lebih tinggi dari jalanan membuat motorku berhenti ditengah antara rel satu dan rel yang satunya lagi. Ku coba gas..greeng..greeeeeeeeeeeeeeeeeng. Motorku tak mau naik. Aku heran. Mungkin karena belum sarapan jadi ga kuat diriku. Bismillahirrahmanirrahiim. Greeeeng..berat. Masya Alloh..
Busyyet dah. Ini kalau ada kereta lewat bisa koid dasir dan wong tunjung. Mana belum nikah lagi. Sebulan lagi lebaran. Tak ada orang lewat juga.

“Ya Alloh tolonglah hambamu yang lemah ini dan banyak bergelimang dosa serta terlalu senang dengan urusan dunia dan hal-hal mubah. Ya Alloh aku pernah beramal untuk tetanggaku Rp 25.000. seandainya itu ikhlas maka jadikanlah sebagai washilahku memohon kepadamu pertolongan. Aku belum nikah ya Alloh..Orang tuaku belum naik haji ya Alloh…kabulkanlah ya Alloh..Amiin.”

Bismillahirrahmanirrahiim..gigi motor yang masih dua kuturunkan satu. Setelah mengambil ancang-ancang dengan kuat kutarik gas motor. Greeeeeeeeeeeng…greeeeng…motorku loncat mau masuk sawah…ciiiiiiiiiittt. Reflek aku memegang rem kuat-kuat.
“Alhamdulillaaaaah….” syukurku sambil berteriak.

Sampailah dasir dan wog tunjung digubuk reot. *Ah kok ga balik-balik ke Jakarta sih!* Sabar wong tunjung, kan seminggu, baru hari kelimaxxx. Sambung Makenjang giih.. Soalnya kalau dasir lanjutkan masih terlalu panjang. Salam hangat tuk semua..met menjalankan ibadah puasa bagi yang menunaikan…



50 comments:

  1. Pak guru..niki saged..komentar kulo...

    ReplyDelete
  2. ribet amat mas ... tapi bisa apalagi, manusia akan bertekuk lutuk pada tradisi, jika sudah berhubungan dengan pernikahan.

    ReplyDelete
  3. Sugeng anggenipun ngelampai poso eng wonten dinten romadhon meniko. mugi-mugio anggenipun ngelampai poso meniko kerso kaparingaken pikantuk ganjaran soko eng marang gusti engkang ngaryo jagad meniko. cekap sementen anggene kulo ngaturaken kelawan penjenengan. nyuwun pamit.

    ReplyDelete
  4. dasir emang yang ada diotakmu lagi mikirin aku terus ya.. hahaha sampe kunci bisa ke bawa gitu

    ReplyDelete
  5. @marsudiyanto Alhamdulillah saged komen kan pak,pak guru wandi katanya kok ga bisa komeng..

    ReplyDelete
  6. @arifin seandainya dasir bisa merubah tradisi jadi nasi goreng..ehmm yummy..ups puasa..

    ReplyDelete
  7. @udien sami-sami mas..maturnuwu..salam hangat..

    ReplyDelete
  8. @yangputri Ah bis..a jah..mikirin cara ngalamar yang putri hihihi..lupa..lupa lupa..lupa..lupa..lupa lagì kuncinya..

    ReplyDelete
  9. @sangcerpenisbercerita Alhamdulillah mbak masih bisa makan..

    ReplyDelete
  10. wah kalo masih bujang balik klosonya gimana neeh.binun dah

    ReplyDelete
  11. @kawanlama95 ga usah dibalik mas,,digelar saja lalu buat tiduran..nyaman hehehe

    ReplyDelete
  12. @kawanlama95 ga usah dibalik mas,,digelar saja lalu buat tiduran..nyaman hehehe

    ReplyDelete
  13. @kawanlama95 ga usah dibalik mas,,digelar saja lalu buat tiduran..nyaman hehehe

    ReplyDelete
  14. sibuk banget mas ... tapi bisa apalagi, manusia akan bertekuk lutuk pada tradisi, jika sudah berhubungan dengan pernikahan.

    http://ronydanuarta.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. judulnya kok kembali ke jakarta semua yah
    bahasane abot kiy, nganggo kromo inggil banreng


    [Om Suwung]
    loh dulu pake jadian segala toh?
    bukannya langsung di lamar???he32

    ReplyDelete
  16. mas ngabuburit yuuuuuuuuuuukk.. sambil cari nu amis kangge buka hayyyyuuuuu

    ReplyDelete
  17. hadoooh akang dasir nuju naon.. naha meuni teu aya di rorompoknya.. nuju kamana kitunya ulah ulah ti lelep di empang kitunya

    ReplyDelete
  18. PEACEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

    ReplyDelete
  19. wah aku isin, aku tembe ngarti balik kloso...hihiihihi

    ReplyDelete
  20. @suwung maaf kang kalo membuat akang sedih krn masih merantau..met buka puasa kang

    ReplyDelete
  21. @ronydanuarta ya masih gitu mas..tapi selama bukan kesyirikan kyknya masih bisa dimaklumi

    ReplyDelete
  22. @zulhaq kranten carios mulih kampung seminggu ngantos budal mareng jakarta maleh kangzul
    @kangboed dasirna lagi kerja kang dipabrik
    @kangboed ayeunak badhe buka puasa
    @buwel ga usah malu kang selama kita tak berbuat salah
    @A-chen ya mas,rame...
    SELAMAT BERBUKA PUASA YA..TERIMAKASIG SUDAH SILATURAHIM..SEMOGA ALLOH MENERIMA PUASA KITA HARI INI..AMIIN

    ReplyDelete
  23. @ronydanuarta maafkan dasir,krn ga bisa komen diblog antm,klik 'link ke posting ini' masuknya ke yang lain..klik 'coment' menujunya ke tempat yang tak kuhendaki..klik 'judul postingan' balik lg ke header..klik 'selanjutnya' dasir tersesat,bingung jalan pulangnya..ujung2nya keluar aja..maafin dasir dan wong tunjung ya..sepertinya blog kamu kena kritik dari Qori ya,dan mhn petunjuk agar dasir bisa koment ditempatmu ya..trmksh..salam hangat,semoga sukses selalu ya..amin

    ReplyDelete
  24. @ronydanuarta maafkan dasir,krn ga bisa komen diblog antm,klik 'link ke posting ini' masuknya ke yang lain..klik 'coment' menujunya ke tempat yang tak kuhendaki..klik 'judul postingan' balik lg ke header..klik 'selanjutnya' dasir tersesat,bingung jalan pulangnya..ujung2nya keluar aja..maafin dasir dan wong tunjung ya..sepertinya blog kamu kena kritik dari Qori ya,dan mhn petunjuk agar dasir bisa koment ditempatmu ya..trmksh..salam hangat,semoga sukses selalu ya..amin

    ReplyDelete
  25. Wah apa sampeyan gak kelelahan banget Mas. he he

    Mas Dasir, protes sampean sudah kuterima dan sudah kuperbaiki, silakan test mas. Salam

    ReplyDelete
  26. @arkasala ya capek pak..palagi kakak2ku sudah pada balik,tinggal berdua doank dari 8 bersaudara..
    Oke pak meluncur..bismillahi tawakaltu 'alallahi la haula walaquwwata illa billah..

    ReplyDelete
  27. Romadhan menggetarkan Jiwa2 yang Haus akan Cinta Kasih Allah, sementara Kasih Sayang Allah tiada terbatas. Semoga Menjadi Berkah untuk Semua Saudara2ku Wabil Khusus mas Mudasir yang saya Hormati dan Kasihi.

    MOHON MA’AF LAHIR & BATHIN DARI KALIAN SEMUANYA…..semoga terbuka untukku sekeluarga.

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :( :!: 8-O 8)

    ReplyDelete
  28. mas komengnya jadi enda bertingkat lagi yaaak hehehehe

    ReplyDelete
  29. sekarang dah di jakarta lagi yaaakkkk.. kalau ke bandung boleh dunk main tempat saya

    ReplyDelete
  30. Salamat malam wah ada tamu terhormat,silakan masuk dan ssilakan duduk...

    ReplyDelete
  31. @kangboed ngga kang,beraaaat..dasir dan wong tunjung ga bios kkomeng pake hape lagi kan repyot..

    ReplyDelete
  32. @kangboedd inssya Alloh,,lengkapnya dimana ya?
    asal jangan di Kanjuruhan ..eh..siliwangi...nanti kuajak main bola..hehehehe

    ReplyDelete
  33. modal sodaqoh 25 ribu aja minta selamet...
    untung gak ada cewek yang ngeliat.

    ReplyDelete
  34. maksudku pas ningkah ama mboke rangga... pake serah serahan.... pake ini itu... hehehehe tenang ajah bos

    ReplyDelete
  35. @alamendah Uuntung..untung..untung..kalo ada ce yg liwat mau ditaruh dimana muka wong tunjung yang abis imutnya..hehehe

    ReplyDelete
  36. maunya pembantu perempuan atau pria? dalam jokes tadi, pembantu perempuan tuh.

    ReplyDelete
  37. Siang menjelang soreeeeeeee..hehehe amin

    ReplyDelete
  38. @a-chen heppy...ye..sudah hari ke lima..alhamdulillah

    ReplyDelete
  39. Sir, tak kirain tuh tadi yg nikah ya dirimu, oalaaah ternyata kakak mu toh....Ya ampuuun itu adat ribet amat yah...Kalau aku sih insyaALLAH cukup akad nikah aja, kan simple tuh he he... padahal yg mau ngelamar juga belum ada *ngarep* :)

    ReplyDelete
  40. ha ha, br ngerti ttg lamaran ne trims kang

    ReplyDelete
  41. @rita: tar kalo kak rita nikah, aku diundang ya!
    @mapuc: hehehe..salam

    ReplyDelete

Sahabat katakan sesuatu untuk dasir..perkataanmu kan memotivasiku untuk terus berkarya...

Related Post

Related Posts with Thumbnails