Thursday, October 29, 2009

PAYPAL, Tren Pembayaran Online Terkini

Bagi para pengguna internet, terutama blogger, Paypal merupakan istilah yang sangat popular. Alat pembayaran online itulah yang kini paling banyak dihunakan, baik dalam penerimaan uang maupun pembayaran atas pembelian barang di online store.


Paypal dapat digunakan dalam berbagai transaksi bisnis online, mulai dari jual beli barang, pembelian software, menerima uang dari berbagai provider atau situs penyelengara paid review, pay per click, membayar keanggotaan afiliasi tertentu dan lain-lain.

Paypal juga dapat mengatasi kekurangan pengiriman tradisional seperti cek. Pasalnya, Paypal jauh lebih cepat daripada cek maupun money order.

Kalau ingin ditukar dengan uang secara riil, pendapatan Anda akan masuk kea kun Paypal ini dapat ditukar ke bank-bank local yang ditunjuk, seperti Bank Indonesia, Bank Mandiri, dan Bank Niaga. Istilah ini biasa disebut sebagai withdraw.

Sejauh ini, Paypal merupakan alat pembayaran online yang paling aman. Bukan hanya itu, dalam perjanjian tertulisnya, Paypal juga memberikan perlindungan konsumen terhadap berbagai hal yang tidak diinginkan.

Pertama, pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari, jika ia bellum mendapatkan barang dipesan.

Kedua, Komplain juga bisa dilakukan jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan deskripsi yang dijelaskan penjual dalam situsnya.

Jika barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi, atau bahkan belum diterima, maka uang bisa dikembalikan (refund). Umumnya alat pembayaran online lainnya tidak bisa melakukan refund jika anda tertipu atau barang tidak sesuai dengan pesanan.

Dengan system ini, pembeli tidak perlu melakukan pembayaran melalui internet banking, yang mewajibkan anda mencantumkan nomor pin atau nomor rekening. Salah-salah, duit anda amblas dibobol para hacker yang juga kerap bergentayangan di dunia maya.

Untuk membuka akun paypal, anda bisa berkunjung ke situs resminya. paypal.com/id, kemudian melaklukan sign up untuk pendaftaran.

Saat mendaftar, anda harus menyiapkan data-data penting seperti email, nama, alamat, nomor telepon dan nomor kartu kredit. Ikuti saja seluruh petunjuknya, termasuk pengisian nama Negara dan pilihan kartu (personal premiere dan business)

Kartu kredit diperlukan untuk memverifikasi keanggotaan. Sebab hanya kartu yang sudah terverifikasilah yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Bagi yang belum punya kartu kredit, ada alternatif lain untuk memverifikasi status keanggotaan, yaitu dengan jala menghubungi situs-situs yang menyediakan virtual credit card (VCC) biayanya bervariasi, rata-rta Rp 75.000-Rp 80.000 sampai akun Paypal anda terverifikasi.

Di dunia maya banyak sekali jasa penyedia jasa VCC Paypal. Tapi anda harus hati-hati terlebih di Indonesia karena ada beberapa situs yang kerap menipu. Uang terlanjur ditransfer tapi penyedia jasa itu menghilang entah kemana.

Salah satu situs terpercaya dan paling banyak direkomendasikan oleh blogger papan atas adalah http://putraeka.org. Selain memberikan layanan prima, situs yang dikelola Putra Eka ini juga membuka layanan konsultasi gratis di situs http://paypal.blogger.com

Untuk kepentingan keamanan saya memberikan panduan melalui YM (Yahoo Messenger) sampai akun Paypal terverifikasi” tutur putaeka kepada salah satu surat kabar yang mewancarainya.

Menurut Putra Eka Paypal bukan hanya melindungi konsumen tapi juga melindungi penjual (pemilik store online). Hal ini terlihat dari kebijakan perlindungan tertulis yang dirilis paypal.

“Kebijakan tertulis paypal juga dirancang guna melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang, tetapi tidak ada bukti catatan pembayarannya,” ujarnya.

Artinya dalam setiap pembelian menggunakan paypal pasti ada catatan bukti pembayarannya di akun paypal pengirim dan penerima uang. Ini sebagai bukti bagi kedua pihak telah terjadi pengiriman uang.

Saat ini paypal telah dimanfaatkan oleh 190 negara termasuk Indonesia. Ada 16 mata uang yang diakomodasi, meski rupiah belum termasuk di dalamnya. Para pengguna paypal Indonesia biasanya menggunakan dolar AS.

Mengingat besarnya permintaan masyarakat Indonesia untuk memiliki akun Paypal, PutraEka kini mulai meluncurkan produk terbarunya dengan membuka afiliasi jasa verifikasi VCC Paypal lihat http://vcc.putraeka.org

3 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    paypal?. Ra mudeng, aku.
    Ra tau nduwe

    ReplyDelete
  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Themenya sekarang malah oke, gini. gara-gara kemarin, ya?

    ReplyDelete
  3. @alamendah
    selamat pertamax..iya mas alhamdulilah ada hikmahnya, gara2 themenya rusak malah jadi asik..

    ReplyDelete

Sahabat katakan sesuatu untuk dasir..perkataanmu kan memotivasiku untuk terus berkarya...

Related Post

Related Posts with Thumbnails